Penelitian Tindakan Kelas merupakan jenis penelitian yang mampu menawarkan cara atau prosedur baru untuk mempernaiki dan meningkatkan profesionalisme pendidik dalam menangani permasalahn di sekolah dan atau proses belajar belajar mengajar dikelas dengan melihat pada siswa. Bahkan McNiff 91992 : memandang Penelitian Tindakan kelas sebagai bentuk penelitian yang reflektif yang dilakukan oleh pendidik sendiri kurikulum, pengembangan sekolah, meningkatkan prestasi belajar, pengembangan keahlian mengajar dan sebagainya.
Dalam penelitian tindakan kelas pendidik dapat melihat sendiri terhadap praktek pembelajaran atau bersama guru lain yang ia dapat melakukan penelitian terhadap siswa dilihat dari segi aspek interaksinya dalam proses pembelajaran.
- Masalah yang diangkat dalam PTK adalah masalah dari kegiatan sehari-hari yang dihadapi oleh guru di kelas
- Adanya tindakan-tindakan (aksi) tertentu untuk memperbaiki permasalahan siswa utamanya dalam proses belajar mengajar dan pembentukan kemandiriannya.
- Dengan PTK diharapkan ada perubahan yang positif ke arah yang lebih baik
- Inkuiri reflektif, artinya PTK berangkat dari permasalahn-permasalahan pembelajaran riil dalam kehidupan sehari-hari yang dihadapi oleh siswa.
- Kolaboratif, artinya PTK yang dilaksanakan tidak bisa dilakukan sendiri oleh seorang guru, tetapi harus berkolaborasi dengan guru lain.
- Reflektif, artinya PTK mempunyai ciri khusus reflektif yang berkelanjutan melalui siklus-sikls.
No comments:
Post a Comment